Pengantar : Silabi Mata Kuliah

                                                      

MATA KULIAH : MANAJEMEN PEMASARAN INTERNASIONAL

JUMLAH SKS : 3 SKS (MATA KULIAH KONSENTRASI, Ujian Kendali Mutu)

DOSEN : DR. H. MUCHDIE, MS

WAKTU KULIAH : KAMIS, 16.30-18.30 WIB

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

 

Mata kuliah ini membahas prinsip dasar manajemen pemasaran internasional dengan mendiskusikan :

 

l Pengertian, ruang lingkup dan orientasi manajemen pemasaran internasional serta faktor-faktor pendorong dan penghambatnya.

l Lingkungan pemasaran internasional yang ditelaah mencakup lingkungan ekonomi, lingkungan sosial budaya, lingkungan politik, hukum dan regulasi. Juga dibahas analisis peluang-peluang di pasar global dengan menelaah pasar dan pembeli global, sistem informasi dan riset pemasaran serta segmentasi, target dan posisi di pasar internasional.

l Pada fokus strategi pemasaran internasional ditelaah peluang ekspor dan impor serta berekspansi di pasar internasional, strategi analisis persaingan serta strategi kerjasama dan kemitraan.

l Akhirnya, akan dibahas program-program pemasaran internasional mencakup : keputusan produk, keputusan harga, saluran pemasaran global, keputusan periklanan serta keputusan komunikasi pemasaran. Sebagai penutup akan dibahas pengendalian program pemasaran global.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

 

l membekali peserta Program MM-UHAMKA yang mengambil konsentrasi pemasaran dengan konsep-konsep pemasaran dan praktek pemasaran internasional.

l menyediakan kesempatan untuk melakukan ”exercise” pada kasus-kasus yang mencakup permasalah pemasaran umumnya dan lebih khusus pada manajemen pemasaran internasional

 

PERSYARATAN DAN EVALUASI

 

l PERSYARATAN : sudah mengambil dan lulus Mata Kuliah Manajemen Pemasaran

l EVALUASI :

l UJIAN TENGAN SEMESTER (UTS)

l UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)

l TUGAS/KASUS/PRESENTASI DALAM DISKUSI KELAS

l UJIAN KENDALI MUTU (UKM)

BUKU PEGANGAN (TEXT BOOKS)

 

l Keegan, W.J., 2007, Manajemen Pemasaran Global, Jilid 1 -2,  Edisi Keenam, Edisi Bahasa Indonesia diterbitkan oleh PT. Indeks, Jakarta (KWJ)

l Cateora, P.R & Graham, J.L, 2007, Pemasaran Internasional, Jilid 1-2, Edisi Ke-13, Edisi Bahasa Indonesia diterbitkan oleh PT Salemba Empat, Jakarta. (CG)

 

BACAAN TAMBAHAN :

 

l Hermawan Kertajaya dkk, 2003, MarkPlus on Strategy, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta (HK1)

l Hermawan Kertajaya, 2002, Hermawan Kertajaya on Marketing, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta (HK2)

l Tung Desem Waringin, 2008, Marketing Revolution, Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta (TDW)

 

KEGIATAN PERKULIAHAN

 

Minggu 1 : Pengantar dan Pendahuluan

Minggu 2 : Belajar Mandiri

Minggu 3 :Lingkungan Pemasaran Global

Minggu 4 : Belajar Mandiri

Minggu 5 : Analisis Peluang di Pasar Global

Minggu 6 : Belajar Mandiri

Minggu 7 : Staretgi Pemasaran Global

Minggu 8 : Belajar Mandiri

Minggu 9 : Keputusan Produk dan Harga

Minggu 10:Belajar Mandiri

Minggu 11: Keputusan Distribusi dan Promosi

Minggu 12: Belajar Mandiri

Minggu 13 :Diskusi Kelas Membahas Kasusu

Minggu 14 : Belajar Mandiri

Minggu 15 : Belajar Mandiri/Persiapan UAS

Minggu 16 : Ujian AKhir Semester

 

 LAIN-LAIN

 

UJIAN TENGAH SEMESTER :

l Ujian Tengah Semester bersifat ”take-home” bahan yang diujikan adalah bahan-bahan yang dibahas pada pertemuan ke 1-4. Dikumpulkan pada Minggu ke-9, Pertemuan ke-5

UJIAN AKHIR SEMESTER :

l Ujian Akhir Semester dilaksanakan pada Minngu ke-16/pertemuan ke-8, dan bahan ujian utamanya adalah bahan-bahan yang dibahas pada pertemuan ke 5-7 (80%) dan bahan pada pertemuan ke 1-4 (20%), termasuk bacaan tambahan.

TUGAS :

l Tugas Individu, setiap peserta harus membaca 3 references yang disarankan dan kemudian membuat summary untuk setiap bahan reference tersebut. Dikumpulkan saat UAS

l Tugas Kelompok : Kelas akan dibagi menjadi 5 Kelompok, dimana setiap kelompok akan membahas 1 Kasus yang ada pada Buku KWJ. Kasus-kasus ini dipresentasikan oleh masing-masing kelompok pada Diskusi Kelas yang dilaksanakan pada Minggu-13/pertemuan ke-7.

Tinggalkan komentar

Filed under Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s