UTS-2008

UJIAN TENGAH SEMESTER

MATA KULIAH MANAJEMEN PEMASARAN INTERNASIONAL

DOSEN : MUCHDIE

SIFAT : TAKE-HOME

DIKUMPULKAN : KAMIS,  18 DESEMBER 2008

 

 

 

 

Petunjuk :

  1. Jawaban ditulis tangan pada Kertas Folio Bergaris (Yg dapat Anda minta di Sekretariat Pascasarjana UHAMKA)
  2. Usahakan tulisan Anda sejelas mungkin sehingga memudahkan dibaca dan agar tidak merugikan Anda sendiri.
  3. Jawab semua nomor pertanyaan
  4. Kumpulkan sesuai dengan Batas Waktu

Pertanyaan-Pertanyaan

 

1.      Apa tujuan utama dari pemasaran global ?

2.      Apa yang dimaksud dengan “lokalisasi global” ? Apakah Coca-Cola merupakan produk global ? Jelaskan

3.      Jelaskan beberapa strategi pemasaran global yang ada untuk diterapkan pada perusahaan. Berikan contohnya !

4.      Jelaskan perbedaan antara orientasi manajemen yang bersifat etnocentris, policentris, regiocentris dan geocentris !

5.      Tunjukan dan terangkan dengan jelas beberapa tekanan yang mengakibatkan peningkatan integrasi global dan pertumbuhan penting dari pemasaran global !

6.      Jelaskan perbedaan antara suatu sistem ekonomi alokasi pasar, sistem alokasi komando dan sistem campuran.

7.      Bagaimana pola distribusi pendapatan dunia saat ini. Bagaimana pangsa pasar negara sedang berkembang dibandingkan dengan pasar negara berpenghasilan tinggi ?

8.      Sebuah pabrik pembuat radia gelombang panjang tengah menyelidiki potensi pasar dunia untuk produknya. Direktur pemasarannya sedang mempertimbangkan negara sedang berkembang sebagai sasaran pemasarannya. Apa saran Anda ?

9.      Seorang kawan sedang cemas dengan kondisi defisit perdagangan Amerika Serikat.

10.  Anda bermaksud memberi perasaan optimis dengan menunjukkan bahwa gambaran perdagangan itu tidaklah separah kedengarannya. Apa yang akan Anda katakan ?

11.  Apa yang dimaksud dengan budaya ? Apakah ada sesuatu yang disebut sebagai budaya yang universal ?

12.  Dapatkah tipologi budaya (yg dikemukakan Hofstede) membantu pemasar untuk memberi pemahaman yang lebih baik tentang budaya di luar negara asalnya ?

13.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan kriteria referensi diri sendiri. Carilah contoh kegagalan produk yang mungkin diabaikan dalam aplikasinya.

14.  Apakah perbedaan antara budaya konteks rendah dan budaya konteks tinggi ? Berikan contohnya.

15.  Perhatikan persamaan Y = F (A,B,C,D,E,F,G) dimana Y = konsumsi minuman ringan dan D = variabel untuk elemen budaya. Bagaimana persamaan ini dapat, membantu pemasar minuman ringan memahami permintaan produknya di pasar global

16.  Apa yang dimaksud dengan kedaulatan ? Mengapa hal ini penting diperhatikan dalam lingkungan politik untuk pemasaran global ?

17.  Gambarkan secara singkat beberapa perbedaan antara lingkungan hukum suatu negara yang menggunakan hukum kebiasaan yang (ternyata) bertentangan dengan suatu negara yang menjalankan hukum sipil.

18.  Pemasar global menghindari konflik hukum dengan lebih dulu memahami alasan-alasan timbulnya konflik tersebut. Identifikasi beberapa masalah hukum yang berkaitan dengan perdagangan global.

19.  Apakah sebuah perusahaan yang beroperasi secara internasional harus mentaati standar tingkahlaku tunggal, atau apakah perusahaan tadi boleh menyesuaikan diri dengan kondisi setempat ? Mengapa ?

20.  Jelaskan persamaan dan perbedaan antara kawasan perdagangan bebas, keseragaman pabean, pasar bersama dan uni-ekonomi. Masing-masing beri contohnya

21.  Apakah karakteristik utama dari pasar regional dunia ? Kawasan mana yang paling cepat petumbuhannya ? Mengapa ?

22.  Apakah karakteristik utama dari persamaan nilai bagai para pemasar global ?

23.  Apa yang dimaksud dengan segmen pasar global ? Ambilah contoh sebuah pasar yang Anda ketahui dan jelaskan segmen global untuk pasar ini !

24.  Identifikasikan segmen geografis utama dalam pasar global !

25.  Sebutkan enam kriteria yang harus dinilai ketika mengevaluasi pasar ekspor potensial.

26.  Sebutkan berbagai tipe bea-masuk yang harus diwaspadai oleh pemasar ekspor.

27.  Apa perbedaan antara barter dan perdagangan imbal beli ? Mengapa perusahaan melakukan barter ?

28.  Apa yang diperlukan agar dapat sukses sebagai pengekspor ?

29.  Sarana atau strategi alternatif apa yang ada untuk perluasan secara internasional ? Apa keunggulan dan kelemahan utama dari setiap strategi yang ada ?

30.  Apa bedanya perusahaan pada tingkatan internasional, multinasional, global dan transnasional ? Beri contoh yang cocok dengan karakkteristik tiap jenis tersebut !

31.  Pilihan strategi apa untuk memasuki pasar atau perluasan yang sebaiknya dianut sebuah perusahaan kecil ? Bagaimana dengan perusahaan besar ?

 

 

****SELAMAT MENGERJAKAN****

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s